Client (komputer)
Klien dalam ilmu komputer adalah sebuah aplikasi atau sistem yang mengakses sebuah sistem layanan yang berada di sistem atau komputer lain yang dikenal dengan server melalui jaringan komputer. Istilah ini pertama kali diaplikasikan ke perangkat tambahan yang di waktu itu tidak dapat menjalankan programnnya sendiri, tetapi dapat berinteraksi dengan komputer lain melalui jaringan.
Model klien-server masih banyak digunakan saat ini. Salah satu contoh yang umum adalah penggunaan Internet di mana penjelajah web berlaku sebagai klien yang terhubung ke server web. Contoh umum yang lain adalah klien surat elektronik yang terhubung ke server untuk menarik atau mengirim surat elektronik.
Server
Dalam komputasi, Peladen (Inggris: Server) adalah program komputer atau perangkat yang menyediakan fungsionalitas untuk program atau perangkat lain, yang disebut "klien". Arsitektur ini disebut model client-server. Peladen dapat menyediakan berbagai fungsionalitas, sering disebut "layanan", seperti berbagi data atau sumber daya di antara banyak klien, atau melakukan perhitungan untuk klien. Satu server dapat melayani banyak klien, dan satu klien dapat menggunakan beberapa peladen. Proses klien dapat berjalan pada perangkat yang sama atau dapat terhubung melalui jaringan ke peladen pada perangkat yang berbeda.[1] Peladen tipikal adalah peladen pangkalan data, peladen file, peladen surat, peladen cetak, peladen web, peladen permainan, dan peladen aplikasi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar